Minggu, 09 Agustus 2015

CARA MENGATASI SUSAH TIDUR DAN PENYEBABNYA



Cara mengatasi susah tidur – Tidur adalah salah satu kenikmatan yang pasti dirasakan setiap orang. Dengan tidur badan kita akan istirahat dan meregenerasi kembali tenaga yang telah digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Setiap orang mendambakan tidur dengan nyenyak. Namun bagaimana jika ternyata seseorang justru malah terganggu dalam tidurnya. Ia justru malah susah untuk tidur terutama di malam hari. Kondisi seperti itu tentu harus segera diatasi. Karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan masalah-masalah lainnya seperti penyakit.

PENYEBAB SUSAH TIDUR

Penyebab seseorang mengalami gangguan susah tidur ada banyak hal. Bisa saja seseorang yang mengalami susah untuk tidur dikarenakan karena sedang mengalami stress, tekanan pikiran, atau bisa juga kondisi udara yang kurang mendukung seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Cari penyebabnya!

Apa penyebab yang membuat anda susah untuk tidur. Apakah karena ada sesuatu masalah yang anda pikirkan, atau karena cuaca yang kurang mendukung. Dengan mengetahui sebab tersebut anda bisa menemukan solusinya. Misalkan saja penyebabnya karena anda stress memikirkan masalah pekerjaan di kantor maka solusinya adalah dengan menenangkan diri anda terlebih dahulu. Bagi anda seorang muslim, anda bisa mengambil air wudhu kemudian shalat dua rakaat. Lalu anda juga bisa berzikir sebelum anda tidur. Pikirkanlah solusi dari masalah anda bukan memikirkan masalahnya tapi carilah solusinya. Sehingga dengan begitu stress yang anda alami sedikit demi sedikit memudar. Jika anda mengalami gangguan susah tidur disebabkan karena cuaca yang kurang mendukung misalkan panas, anda bisa memasang kipas angin di dekat anda tidur. Atau jika karena terlalu dingin, anda bisa menggunakan selimut atau jaket tebal.


CARA MENGATASI SUSAH TIDUR

Berikut ini tips sederhana bagaimana cara mengatasi susah tidur yang mungkin sedang anda alami saat ini. Diantara caranya adalah sebagai berikut:

1. Nyamankan tempat tidur anda dan perbaiki posisi tidur anda sesantai mungkin.

2. Bersihkan tempat tidur anda. Jangan sampai tempat tidur anda berantakan apalagi dipenuhi sampah-sampah makanan. Hal ini akan mengganggu kenyamanan. Coba bandingkan jika tempat tidur anda bersih, aromanya wangi tentu tidur pun akan menjadi lebih nyenyak.

3. Mandi setelah pulang kerja. Badan yang segar setelah seharian bekerja tentu akan membuat anda rileks menjelang tidur.

4. Keringat yang menempel di tubuh setelah seharian bekerja juga bisa mengganggu kenyamanan anda. Mandilah pada sore hari. Jika anda pulang larut malam dan ingin mandi maka mandilah dengan air hangat agar tubuh anda tidak sakit.

5. Perhatikan kebersihan, seperti cuci muka, cuci kaki dan kebersihan bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat kita merasa nyaman sehingga dapat tidur nyenyak.

6. Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, juga di hari libur. Biasakan menepati jadwal itu, agar pola tidur Anda normal kembali. Hindari tidur siang.

7. Agar fisik Anda lebih lelah, cobalah melakukan olah raga di siang atau sore hari. Hal ini dapat memudahkan istirahat/tidur.

8. Hentikan kebiasaan minum kopi, teh, cola dan minuman lain yang mengandung kafein, terutama di sore dan malam hari saat akan tidur.

9. Hindari mengkonsumsi alkohol berlebihan. Pada awalnya, alkohol memang membuat mengantuk, tapi nanti Anda akan terbangun di tengah malam dan sulit tidur kembali.

10. Minumlah minuman yang hangat pada saat jam menjelang tidur.

11. Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena itu akan membuat perut merespon secara tidak normal.

12. Bila Anda bekerja di sore hari, berhentilah setidaknya satu jam sebelum jam tidur Anda.

13. Pastikan membuat tempat tidur Anda nyaman dan ventilasi kamar tidur baik.

14. Saat Anda akan pergi tidur, cobalah mengatur cahaya lampu kamar tidur menjadi remang-remang. Hal ini akan merangsang otak memproduksi melatonin, yang membimbing mata untuk terpejam.

15. Meski Anda sering mengalami susah tidur saat malam hari namun jangan menggunakan obat tidur, apalagi jika tanpa anjuran dokter. Jika ini dilakukan, justru insomnia akan tetap resistan. Pemakaian obat tidur seringkali hanya sebagai pereda sementara, sehingga jika habis waktu berlakunya maka akan kembali insomnia.

Demikian tips, penyebab dan cara mengatasi susah tidur yang bisa anda terapkan di keseharian anda. Tidak perlu menggunakan obat-obatan, cukup dengan merubah kebiasaan, menerapkan pola hidup sehat dan pikiran yang rileks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar