Rabu, 26 Agustus 2015

Amankah menyusui saat ibu terkena flu?




Air susu ibu merupakan minuman dan sekaligus makanan yang terbaik bagi bayi yang baru lahir. ASI sendiri mengandung semua vitamin, mineral, serta nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh. Itulah sebabnya para ibu yang menyusui wajib untuk mengonsumsi makanan bergizi agar bayi mereka mendapatkan nutrisi yang baik. Selain itu makanan bergizi juga dapat menjauhkan ibu menyusui dari gangguan penyakit seperti flu.

Banyak yang bilang bahwa saat flu, sebaiknya seorang ibu tidak menyusui anaknya. Sebab dikhawatirkan buah hati mereka akan tertular penyakit tersebut. Benarkah demikian?

Jawab: Anda boleh menyusui bayi kapanpun meskipun sedang dalam keadaan sakit pilek dan flu. Jika Anda merasa khawatir si kecil tertular, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan. Namun ada dua pengecualian jika mau menyusui saat sakit.

• Pertama, tidak boleh menyusui jika bayi berusia kurang dari 3 minggu. Bayi baru lahir sangat rentan terhadap infeksi. Jika sakit Anda sangat parah, dokter mungkin akan menyarankan untuk berhenti menyusui sampai sembuh. Tapi, Anda masih bisa memberi si kecil ASI dengan cara memompanya. Memompa ASI juga merupakan salah satu cara mencegah pembengkakan payudara.

• Kedua, obat yang Anda konsumsi belum tentu aman untuk bayi. Jika Anda merasa perlu mengonsumsi obat untuk meredakan sakit, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan minum sembarang obat. Mintalah obat yang aman untuk bayi. Selain itu carilah alternatif pengobatan alami untuk menyembuhkan pilek dan flu.


"Saat Anda menderita flu, sudah dipastikan bahwa bayi yang Anda susui terkena virus dan bakteri flu tersebut. Namun Anda tidak usah khawatir, jika virus flu tersebut tidak terlalu parah maka Anda akan tetap diperbolehkan untuk menyusui. Sebab air susu yang Anda berikan akan membentuk antibodi di tubuh bayi yang sanggup melindungi mereka dari berbagai macam penyakit," tulis penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini.

"Obat antibiotik yang Anda minum saat flu, bisa memberikan efek pada bayi meskipun efek tersebut ringan. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan pada dokter, jenis obat apa yang Anda minum. Ada baiknya jika Anda mengobati flu tersebut dengan memperbanyak minum air mineral, istirahat yang cukup, dan makan makanan sehat. Cara tersebut relatif lebih aman dan alami baik untuk kesehatan tubuh Anda maupun bayi Anda."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar